Header Ads

Ikhlas & Syukur & Istiqomah


Ikhlas, Itu Kuncinya MESKI telah berusia 62 tahun, Dr Hj Hasniah Hasan MSi tidak pernah berniat berhenti beraktivitas. Tidak saja masih aktif menjadi penasihat keluarga, ibu dua anak itu juga mengajar. Mengajarnya juga tidak hanya di satu tempat. Hasniah aktif mengajar di Diklat Pimpinan (Pim) Tingkat Tiga, Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Surabaya, Sidoarjo, dan Kediri, serta Pascasarjana Universitas W.R. Supratman. 
"Mengajar itu bagian dari hidup saya," katanya. Menurut Hasniah, dirinya menjadi pendidik sejak 1964. Dia juga pernah menjadi guru sekolah pendidikan luar biasa di Ujung Pandang. "Saya terpanggil menjadi guru. Sejak masih berusia 15 tahun, saya tertarik mengajar," tuturnya. Hasniah menyatakan senang bisa berbagi ilmu dengan sesama. Demi mengajar, Hasniah tidak segan melakoni perjalanan jauh, ke Bandung atau Jakarta. "Kuncinya, segala kegiatan dilakukan dengan ikhlas," ujarnya. 
Untuk mendukung semua aktivitasnya, Hasniah berupaya menjaga badan selalu bugar. Dengan begitu, segala kegiatan berjalan lancar. "Olahraga menunjang semua itu," katanya. Karena itu, Hasniah tidak pernah lupa berolahraga. Setidaknya tiga kali seminggu dia menyempatkan diri berenang. Tujuh kali putaran kolam renang dalam setengah jam. Hasniah juga rutin berjalan kaki minimal tiga kilometer setiap hari. "Jalan kaki juga setengah jam," tambahnya. 
 Untuk menyempurnakan kebugaran, Hasniah tidak segan mengurangi makan. Seiring bertambahnya usia, dia makin selektif memilih makanan. Terutama, tidak mengonsumsi makanan yang mengandung banyak lemak.

No comments